Kamis, 09 Februari 2012

Movies of 2012

Contraband
Baltasar Kormákur
Mark Wahlberg, Kate Beckinsale, Ben Foster, Giovanni Ribisi, JK Simmons
13 Januari 2012 



Tak seperti kebanyakan remake Hollywood atas film-film asing, versi berbahasa Inggris atas film Eslandia rilisan 2009 yang berjudul Reykjavík-Rotterdam ini malah disutradarai oleh sang pemeran utama aslinya, Baltasar Kormákur. Kini diperan utamai Mark Wahlberg, bercerita tentang seorang mantan kriminal yang terpaksa kembali ke dunia lamanya.
Mungkin berkat budget-nya yang lumayan besar, tepatnya senilai $40 juta, remake ini mendapatkan ‘polesan’ yang pas sehingga membuatnya cukup menarik untuk ditonton di pertengahan Januari yang masih sepi akan film-film bagus. Tak terlalu ngotot dengan alur yang dipaksa jadi kompleks, film pun mengalir dengan plot yang lumayan menghibur.

The Grey
Joe Carnahan
Liam Neeson, Dermot Mulroney, James Badge Dale, Joe Anderson, Frank Grillo
27 Januari 2012

Menggelontorkan nafas survival thriller, film ini merupakan terobosan baru yang dicoba oleh sutradara Joe Carnahan setelah membesut film-film action over-the-top, seperti Smokin' Aces dan The A-Team. Sekarang aksi laganya akan lebih dimotori oleh tindakan para karakternya yang terasa nyata dan getir sekaligus ekstrim.
Kisahnya akan mengikuti sekelompok pekerja tambang yang terdampar di alam liar Alaska gara-gara pesawat yang mereka tumpangi terpaksa mendarat darurat di sana. Mereka dipaksa untuk survivedengan segala macam hal yang tersisa di tengah-tengah kondisi cuaca yang buruk dan penuh luka. Belum ditambah dengan beberapa ekor serigala buas yang lapar.

Chronicle
Josh Trank
Michael B. Jordan, Dane DeHaan, Michael Kelly, Alex Russel
3 Februari 2012 

Tiga anak muda sekawan memperoleh kemampuan super berupa telekinesis dari sebuah sumber misteri yang mereka temukan. Tidak lama, kehidupan mereka pun mulai sulit dikontrol dan hubungan mereka diuji ketika salah satu darinya mencicipi sisi kegelapan.
Josh Trank dan Max Landis mengemas film bertema superhero ini dengan teknik yang berbeda dibandingkan lainnya, yaitu dengan menggunakan found-footage yang dipopulerkan oleh The Blair Witch Project sehingga menambahkan unsur realistis atau nyata. Diyakini film ini dapat memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan film adaptasi superhero dari Marvel atau DC Comics.

The Woman in Black
James Watkins
Daniel Radcliffe, Ciaran Hinds, Janet McTeer, Sophie Stuckey, Liz White
3 Februari 2012

Adaptasi ketiga atas novel Susan Hill beraromakan gothic horror di era Victorian ini menempatkan aktor yang lebih dikenal sebagai Harry Potter, Daniel Radcliffe, sebagai peran utama. Mengambil setting pada tahun 1920-an mengenai seorang pengacara muda yang mesti mengurusi peninggalan dari seorang janda yang baru saja meninggal dunia di sebuah kota kecil yang terletak di pantai timur Inggris.
Diadaptasi menjadi naskah oleh Jane Goldman (X-Men First ClassThe DebtKick-Ass) film yang diarahkan oleh James Watkins ini akan membuat penontonnya bergidik secara perlahan melalui suara-suara ganjil, kabut yang aneh, gerakan misterius yang muncul secara tiba-tiba, dan ketegangan yang terasa merayapi tiap adegan-adegan di sekitar kediaman sang janda.

Berserk Golden Age Arc I: Egg of the Supreme Ruler
Toshiyuki Kubooka 
Hiroaki Iwanaga, Takahiro Sakurai, Toa Yukinari
4 Februari 2012

Penikmat hardcore atas manga sekaligus anime dipastikan mengenali Berserk sebagai salah satu judul yang patut untuk diikuti. Tahun lalu dicanangkan rencana bakal dirilisnya versi layar lebar atas Berserkuntuk tahun 2012 ini dimana dapat membuat para otaku menangis bahagia karena anime tersebut akan digarap oleh Studio 4°C, yang piawai dalam pembuatan anime kelas wahid.
Bernuansakan epik dan dikembangkan berdasar versi manga seperti versi serial sebelumnya, adaptasi layar lebar ini direncanakan sebagai sebuah trilogi dengan fokus pada Golden Age Arc, yang diputar dalam waktu berdekatan secara sekaligus di tahun ini. Menceritakan seorang anak muda yang bergabung dengan Band of the Hawk, sepasukan mercenary yang hidup di abad pertengahan Eropa nan kejam dengan sentuhan fantasi.

Gyakuten Saiban
Takashi Miike
Hiroki Narimiya, Mirei Kiritani, Takumi Saito, Rei Dan, Shunsuke Daito, Akiyoshi Nakao, Ryo Ishibashi
11 Februari 2012 

Salah satu serial game yang belakangan booming dan populer di Nintendo DS, ironisnya merupakanremake dari aslinya yang pernah dirilis untuk Game Boy Advance. Berjudul asli Gyakuten Saiban, serial game yang awalnya bertokoh utama Phoenix Wright pada versi translasinya, Ace Attorney, menceritakan proses pengadilan fiktif dari sudut pandang gamer. Selain berbagai keunikan sekaligus kelucuannya, game ini dikenal berkat seruan ‘Objection!’.
Tahun lalu, Nintama Rantaro, yang kemudian dijuduli sebagai Ninja Boy saat rilis internasionalnya, menunjukkan kepiawaian Miike dalam mengadaptasi anime ke ranah live-action. Bisa jadi hal tersebut akan kembali beliau ulang melalui adaptasi game DS ini. Versi film ini akan berkutat pada seorang pengacara rookie yang berusaha menjalani proses pengadilan pertamanya. Nantikan kiat Miike untuk mengubah proses pengadilan menjadi layaknya medan pertempuran kata-kata, dengan sesekali efek visual yang muncul secara eye-catching.

Ghost Rider: Spirit of Vengeance
Mark Neveldine, Bryan Taylor
Nicholas Cage, Ciarin Hinds, Idris Elba, Johnny Whitworth
17 Februari 2012

Johnny Blaze pergi mengasingkan diri ke Eropa Timur untuk melindungi Bumi dari kutukannya yang membuatnya berbeda dari superhero lainnya. Namun seorang anggota dari Order of Michael bernama Moreau menawarkan sebuah tugas kepadanya untuk melindungi ibu dan kedua anaknya dari kejaran Roarke aka Blackout.
Duo filmaker ‘gila’ Neveldine dan Taylor bisa menjadi alasan kebangkitan franchise Ghost Rider. Setelah film pertamanya gagal memuaskan para penggemar, kehadiran mereka menyuntikan elemenbad-ass ke dalam anti-hero yang satu ini.

The Raid
Gareth Evans
Iko Uwais,Ray Sahetapy, Joe Taslim, Donny Alamsyah, Yayan Ruhian
Februari 2012

Sempat dirilis terbatas dalam festival INAFFF di tahun 2011 lalu, film Indonesia bernafaskan action thriller ini merupakan kerja bareng kali kedua untuk filmmaker asal Welsh Gareth Evans dengan pesilat Iko Uwais setelah sukses Merantau pada tahun 2009 lalu. Film yang aslinya dijuduli Serbuan Maut ini dengan cepat meraih popularitas hingga ke luar negerinya sendiri.
Ber-setting pada sebuah kawasan kumuh di Jakarta, sebuah bangunan apartemen terbengkalai menjadi benteng bagi banyak penjahat kelas kakap. Sebuah pasukan khusus ditugasi untuk menyerbu bangunan itu demi menghabisi sang bandar narkoba yang sekaligus adalah pemiliknya. Sudah bisa dipastikan para penghuninya tidak akan tinggal diam saat diserbu.

John Carter
Andrew Santon
Taylor Kitsch, Lynn Collins, Willem Defoe, Thomas Haden Church, Samantha Morton, Ciarin Hinds, Mark Strong
9 Maret 2012

Seorang prajurit perang saudara Amerika bernama John Carter secara ajaib pindah ke habitat Barsoom yang berlokasi di planet Mars. Di sana ia terlibat dalam konflik antara penduduk yang juga melibatkan Tars Tarkas dan Princess Dejah Toris. Carter menemukan kemanusiaan ketika ia menyadari bahwa keselamatan Barsoom ada di tangannya.
Sutradara dua film Pixar, Finding Nemo dan WALL-E, Andrew Santon akan melakukan debut film live action-nya melalui adaptasi novel karya Edgar Rice Burroughs berjudul A Princess of Mars. Film sci-fi yang satu ini akan dilengkapi dengan alien, mahluk raksasa, pemandangan megah, pesawat futuristik dan juga pertarungan epic. Mari berharap debut live action-nya akan menyerupai Brad Bird.

The Hunger Games
Gary Ross
Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Woody Harrelson, Elizabeth Banks
23 Maret 2012

Setiap tahunnya seorang anak muda laki-laki dan perempuan dipilih dari setiap 12 wilayah negeri Panem untuk bertarung sampai mati. Katniss, yang merupakan anak muda berumur 16 tahun, telah dipilih bersama dengan Peeta untuk mewakili Distrik 12 pada The Hunger Games tahun itu.
Film ini merupakan adapatasi dari novel berserial trilogi karya Suzanne Collins. Dinobatkan sabagai salah satu novel terbaik tahun 2008, pembuat film nominasi Oscar Gary Ross akan membawanya ke layar lebar bersama talenta semacam Jennifer Lawrence dan Josh Hutcherson.

Wrath of the Titans
Jonathan Liebesman
Sam Worthington, Ralph Fiennes, Liam Neeson, Danny Huston, Edgar Ramirez, Bill Nighy, Toby Kebbell, Rosamund Pike
30 Maret 2012

Dewa-dewa sudah mulai kehilangan kendali dari para Titan yang terpenjara. Dipimpin oleh Kronos, para mahluk mitologi Yunani ini membuat kesepakatan dengan Ares dan Hades untuk menyekap Zeus. Kini Perseus harus pergi ke underwold untuk menyelamatkan ayahnya.
Setelah gagal dengan Clash of the Titans, sekuel kali ini memakai talenta sutradara Jonathan Liebesman untuk memuaskan para penggemarnya. Berbeda dengan film pertamanya, kali ini Sam Worthington benar-benar akan menghadapi Titan dan mahluk mitologi Yunani lainnya.

Bullet to the Head
Walter Hill
Sylvester Stallone, Sung Kang, Jason Momoa, Christian Slater, Sarah Shahi
13 April 2012

Film ini aslinya mengadaptasi graphic novel Prancis karya Alexis Nolent, Du Plomb Dans La Tete. Menceritakan tentang seorang hitman yang bekerja sama dengan seorang detektif NYPD, keduanya bertemu berkat dua pembunuhan yang saling terkait. Kini mereka bersama-sama memburu seorangbroker piawai di New Orleans sebagai tersangka utama.
Sutradara Walter Hill adalah seorang sutradara senior di genre action. Film-film yang pernah digarapnya adalah 48 HrsThe WarriorsRed HeatStreets of Fire, dan Last Man Standing. Pilihannya untuk bekerja bersama dengan Stallone tentunya terdengar sangat pas untuk sebuah film bernafaskan laga yang keras khas ’80-an.

Cabin in the Woods
Drew Goddard
Kristen Connolly, Chris Hemsworth, Anna Hutchitson, Fran Kranz, Jesse Williams, Richard Jenkins, Bradley Whitford
13 April 2012

Lima anak kuliah pergi berlibur ke sebuah kabin terpencil yang berada di tengah hutan. Keberadaan tempat tersebut diberitahukan secara samar-samar oleh salah satu saudara mereka.
Plot terdengar biasa dan pasaran? Kita semua tahu bahwa ini akan berupa film horror yang sadis tetapi Drew Goddard dan produser Joss Whedon berkata, “kalau kau tahu cerita ini, pikir lagi.” Mereka juga mengatakan bahwa film horror ini akan merubah genre tersebut ke arah yang berbeda.

Modus Anomali
Joko Anwar
Rio Dewanto, Hana Al Rashid, Surya Saputra, Marsha Timothy
26 April 2012

Setelah Pintu Terlarang di tahun 2009 silam kini Joko Anwar akan mengajak penonton untuk memasuki sebuah hutan. Masih bernafaskan thriller, yang kali ini lebih terasa intens akan hal actionModus Anomali digerakkan dengan dialog yang berbahasa Inggris. Hal itu utamanya dipilih karena jalan ceritanya menggunakan plot dan latar yang tidak spesifik berada di Tanah Air.
Melalui trailer yang telah dilepas di internet, film berdurasi 1,5 jam ini tampaknya akan mengandalkan gerakan kamera dengan banyak one long shot. Terlihat dari aksi Rio Dewanto yang berteriak sekaligus berlari-lari dengan bersimbah darah di sebuah hutan, diselingi juga dengan adegan Hana Al Rashid yang tampaknya sedang disiksa secara perlahan oleh seseorang. Belum jelas mengenai detil lebih lanjut terkait film tersebut.

The Avengers
Joss Whedon
Robert Downey Jr., Chris Evans, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson, Jeremy Renner, Tom Hiddleston, Samuel L. Jackson
4 Mei 2012

Loki mengancam keamanan dunia, dan Nick Fury sebagai direktur organisasi penjaga kedamaian dunia bernama S.H.I.E.L.D. harus bergegas membentuk tim superhero yang dapat menyelamatkan dunia dari kehancuran. Lahirlah The Avengers yang terdiri atas Iron Man, Hulk, Thor, Captain America, Black Widow dan Hawkeye.
Joss Whedon tidak hanya mempunyai tugas berat untuk menyeimbangi ekspektasi penonton terhadap film superhero ini, tetapi ia juga harus bisa mempersatukan sederetan bintang berkelas ke dalam satu tim. Apabila ia berhasil tentu saja The Avengers akan menjadi sangat keren! Lagipula siapa yang ingin melewatkan aksi sejumlah superhero Marvel dalam satu film?

Dark Shadows
Tim Burton
Johnny Depp, Eva Green, Michele Pfeiffer, Helena Bonham Carter, Thomas McDonell, Chloe Moretz, Jonny Lee Miller, Bella Heathcote, Gulliver McGrath, Jackie Earle Haley
11 Mei 2012

Barnabas menemukan dirinya terbangun dari kubur setelah dua abad karena telah mematahkan hati seorang penyihir bernama Angelique Bouchard. Setelah terbangun ia sadar bahwa dirinya kini sudah menjadi seorang vampire serta harus hidup bersama keturunannya yang disfungsional dan penghuni lainnya, dimana masing-masing memiliki rahasia pribadi.
Untuk kesekian kalinya Tim Burton kembali berkolaborasi dengan Johnny Depp. Kerja sama antara mereka selalu memberikan hasil yang unik dan menarik, dimana konsep Burton selalu berbeda dan Depp selalu dapat tampil sesuai dengan permintaan sang sutradara.

Men in Black 3
Barry Sonnenfeld
Will Smith, Tommy Lee Jones, Josh Broline, Alice Eve, Jemaine Clement, Emma Thompson, Rip Torn, Nicole Scherzinger
25 Mei 2012

Mengambil setting pada tahun 1969, Agent J berpetualang ke masa lalu dimana ia berjumpa dengan Agent K pada masa mudanya untuk melakukan investigasi terhadap sebuah rahasia yang dapat menyelamatkan partnernya, organisasinya dan masa depan manusia.
Setelah absen selama sepuluh tahun, Barry Sonnenfeld akan kembali membawa MiB ke layar lebar bersama duo veteran Will Smith dan Tommy Lee Jones. Tentunya kali ini mereka akan melindungi Bumi dari mahluk luar angkasa dalam tampilan 3D. Apakah seri yang ketiga ini dapat kembali mengangkat franchise MiB?

Snow White and the Huntsman
Rupert Sanders
Kirsten Stewart, Charlize Theron, Chris Hemsworth, Sam Claflin, Ian McShane
1 Juni 2012

Dalam sebuah petualangan yang epic, Snow White adalah satu-satunya manusia yang lebih cantik daripada sang ratu Ravenna. Sang penguasa yang jahat ini tidak menyangka bahwa perempuan muda tersebut mengancam kekuasaannya dan telah berlatih kemampuan bela diri bersama Huntsman yang sebelumnya dikirim oleh Ravenna untuk membunuh sang perempuan tersebut.
Rupert Sanders menyuntikan kegelapan ke dalam dongeng Snow White dimana memberikan pandangan yang berbeda dan lebih dewasa. Jangan harapkan burung-burung terbang berkicauan pada versi yang satu ini, karena kini Snow White akan bertarung dalam perang yang epic demi hidupnya.

Prometheus
Ridley Scott
Noomi Rapace, Michael Fassbender, Guy Pearce, Idris Elba, Charlize Theron, Logan Marshall-Green
8 Juni 2012

Pada akhir abad ke-21, kru Prometheus melakukan eksplorasi terhadap peradaban canggih di sebuah planet yang jauh untuk mencari tahu mengenai asal mula manusia. Namun petualangan tersebut akhirnya membawa mereka ke ujung paling gelap di alam semesta.
Ridley Scott kembali ke genre yang ia definisikan pada saat mempersembahkan film sci-fi dan space thriller Alien. Meskipun belum dikonfirmasi, tetapi film ini dirumorkan sebagai prekuel dari film keluaran tahun 1979 tersebut. Dapatkah Ridley Scott memberikan film yang sama baiknya dengan Alien?

Brave
Mark Andrews
Kelly Macdonald, Julie Walters, Billy Connolly, Emma Thompson, Kevin McKidd, Craig Ferguson, Robbie Coltrane, John Ratzenberger
22 Juni 2012

Merida, anak dari Raja Fergus dan Ratu Elinor, berambisi untuk membentuk jalur hidupnya sendiri ketika dirinya menentang tradisi suci di tanah Skotlandia. Tindakan tesebut pada akhirnya membawa petaka bagi kerajaannya. Setelah berkonsultasi dengan seorang nenek, ia pun terkutuk dan kini harus menemukan arti dari keberanian yang sebenarnya untuk melepaskan kutukan tersebut sebelum semuanya terlambat.
Ini adalah film ke-13 dari Pixar dan yang pertama ber-genre fairytale (dongeng). Studio animasi ini hampir tidak pernah mengecewakan para penontonnya, dan film ini dapat dijadikan momentum kebangkitan setelah Cars 2 yang dikatakan sebagai film Pixar pertama yang gagal.

G.I. Joe: Retaliation
Jon M. Chu
Dwayne Johnson, Bruce Willis, Channing Tatum, Arnold Vosloo, Adrianne Palicki, Ray Park, Lee Byung-hun
29 Juni 2012

Tim G.I. Joe dilabel sebagai pengkhianat dan mereka telah dihabiskan, hanya lima diantaranya berhasil selamat. Dalam keadaan terluka, kekurangan tenaga dan senjata, mereka harus menghadapi Zartan, Storm Shadow dan Firefly yang berdiri di bawah bendera Cobra Commander demi menyelamatkan nyawa manusia.
Setelah dinilai gagal pada film pertamanya, Paramount Pictures mengambil sejumlah langkah besar untuk mengembalikan nama G.I. Joe. Setelah merekrut sutradara Jon M. Chu, mereka juga mengikat sejumlah aktor film action ternama seperti Dwayne Johnson dan Bruce Willis. Dapatkah mereka memperbaikan citra G.I. Joe?

The Amazing Spider-Man
Marc Webb
Andrew Garfield, Emma Stone, Rhys Ifans
3 Juli 2012

Dibesarkan oleh Uncle Ben dan Aunt May, setelah meranjak remaja Peter ingin memahami mengenai hilangnya kedua orang tuanya. Ia pun menemukan koper peninggalan ayahnya yang membawanya ke Oscorp dan lab milik mantan rekan kerja ayahnya, Dr. Curt Connors. Sebagai Spider-Man ia harus mengahadapi The Lizard yang merupakan alter-ego dari Connors. Peter juga menemukan cinta pertamanya, Gwen Stacy, dan bersama mereka bergumul dengan cinta, komitmen dan rahasia.
Reboot arahan Marc Webb ini menceritakan sisi lain dari Peter Parker yang sebelumnya belum pernah dikisahkan. Andrew Garfield akan memerankan Peter Parker aka Spider-Man bersama dengan Emma Stone sebagai Gwen Stacy dan Rhys Ifans sebagai Dr. Curt Connors. Apakah reboot ini akan lebih baik daripada versi Sam Raimi? Apa yang akan menjadi pembeda dibandingkan film rilisan 2002 tersebut? Sangat menarik untuk ditunggu.

The Monkey King
Cheang Pou-Soi
Donnie Yen, Chow Yun-Fat, Aaron Kwok, Joe Chen, Peter Ho, Kelly Chen, Zhang Zi-lin, Gigi Leung, Cecilia Cheung, Fan Siu-Wong, Xia Zi-Tong
7 Juli 2012

Seorang filmmaker muda asal Hong Kong bernama Cheang Pou-Soi, yang sebelumnya lebih banyak membesut film-film thriller kecil yang bernada nihilist, siap melangkah ke level selanjutnya. Film denganbudget besar akan sekali lagi merupakan adaptasi atas kisah fantasi klasik asal China, Journey to the West.
Namun semuanya akan dikemas dengan berbeda. Dari penggunaan teknologi IMAX 3D hingga deretancast yang ciamik, dengan Donnie Yen dan Chow Yun-Fat sebagai para pemeran utamanya, betul-betul level selanjutnya bagi Cheang. Proyek 3D pertamanya yang dipenuhi efek CGI sekaligus kerja pertamanya yang tercatat sebagai produksi film asal China.

Ted
Seth MacFarlane
Mark Wahlberg, Mila Kunis, Giovanni Ribisi, Joel McHale, Seth MacFarlane
13 Juli 2012

Kreator Family Guy, Seth MacFarlane, menampilkan debutnya sebagai sutradara filmlayar lebar  yang menawarkan konsep komedi nan unik berkat selera humor khas dari sang sutradara. Di awal kisah mimpi seorang bocah terkabul saat boneka teddy bear-nya mendadak hidup. Kini telah tumbuh dewasa dan diperani Mark Wahlberg, sang ‘bocah’ tetap berteman dengan bonekanya, Ted.
Uniknya Ted bukanlah boneka teddy bear yang seperti diimpikan banyak anak-anak. Dia tak bertanggung jawab, pemabuk, dan memiliki gaya hidup yang urakan. Namun setelah hidup, Ted menjadi selebritis yang terkenal karena tak cuma Wahlberg saja yang bisa mendengar perkataannya. Apakah mimpi selanjutnya sang ‘bocah’ untuk bisa berpacaran dengan seorang gadis, yang diperani Mila Kunis, bisa tercapai?

The Dark Knight Rises
Christopher Nolan
Christian Bale, Michael Caine, Gary Oldman, Tom Hardy, Anne Hathaway, Marion Cotillard, Joseph Gordon-Levitt, Morgan Freeman
20 Juli 2012

Delapan tahun setelah kejadian pada The Dark Knight, kepala kelompok teroris bernama Bane tiba di Gotham City dan mengancam keamanan. Kejadian ini memaksa mantan superhero kota tersebut, Batman, untuk kembali setelah menghilang sesudah kejadian yang menimpa Harvey Dent.
Siapa yang ingin melewatkan bagian terakhir dari Batman Trilogy persembahan Christopher Nolan? Setelah Batman Begins dan The Dark Knight, yang satu ini diyakini dapat mencapai level kedua film tersebut. Batman juga kedatangan lawan baru yaitu Bane, dan tidak lupa juga kehadiran Selina Kyle aka Catwoman.

The Bourne Legacy
Tony Gilroy
Jeremy Renner, Rachel Weisz, Edward Norton, Joan Allen, Albert Finney, Scott Glenn, Oscar Isaac
3 Agustus 2012

Melanjutkan akhir dari The Bourne Ultimatum, franchise ini kedatangan jagoan baru bernama Aaron Cross yang hidup-atau-matinya berada diujung tanduk yang dipicu oleh tindakan dari Jason Bourne pada tiga film pertama.
Screenwriter The Bourne Trilogy Tony Gilroy mengambil alih kelanjutan dari franchise spionase yang telah menghasilkan hampir $1 milyar dalam box-office global. Pada film ini ia akan bekerja sama dengan aktor film action yang saat ini sedang naik daun: Jeremy Renner.

Total Recall
Len Wiseman
Colin Farrell, Kate Beckinsale, Bryan Cranston, Jessica Biel
3 Agustus 2012

Untuk seorang pekerja pabrik bernama Douglas Quaid, mind-trip terdengar seperti liburan yang indah. Tetapi ketika mengalami kesalahan prosedur, tiba-tiba Quaid menjadi orang diincar. Ia pun menemukan dirinya melarikan diri dari Polisi dan kemudian bergabung dengan seorang pemberontak untuk mencari pemimpin dari faksi perlawanan. Petualangan ini akan membawa Quaid menemukan identitas aslinya, cinta sejatinya dan takdir yang sebenarnya.
Reboot film tahun 1990 dengan judul yang sama ini menempatkan Len Wiseman sebagai sutradara dan Colin Farrell sebagai pengganti Arnold Schwarzengger. Perbedaan lainnya adalah kisah Douglas Quaid kali ini tidak akan mengambil lokasi di planet Mars melainkan di Bumi. Apakah reboot ini dapat menyamai prestasi film sebelumnya sebagai cult movie?

The Expendables 2
Simon West
Sylvester Stallone, Jason Statham, Jet Li, Dolph Lundgren, Chuck Norris, Terry Crews. Randy Couture, Liam Hemsworth, Jean-Claude van Damme, Bruce Willis, Arnold Schwarzengger
17 Agustus 2012

Setelah mengambil misi sederhana dari Mr. Church, rencana tim Expendables berantakan ketika salah satu anggota mereka dibunuh oleh rival bernama Jean Villain. Kini mereka siap pergi ke daerah lawan bersama anggota baru untuk menghentikan sebuah senjata mematikan dan membalas kematian teman mereka.
Film pertamanya tampil berkesan karena berhasil mengumpulkan sejumlah aktor film action ke dalam satu film. Kini kurangkan Steve Austin dan Mickey Rourke kemudian tambahkan Chuck Norris dan Jean Claude Van Damme. Belum lagi kehadiran Bruce Willis dan Arnold Schwarzengger yang akan tampil lebih dari sekedar cameo saja. Film ini dipastikan akan kembali tampil berotot dan penuh ledakan.

Premium Rush
David Koepp
Joseph Gordon-Levitt, Michael Shannon, Jamie Chung, Aaron Tveit
24 Agustus 2012

Dalam film ini, Joseph Gordon-Levitt berperan sebagai seorang messenger yang piawai mengayuh sepedanya di jalanan New York yang ramai. Berharap sebuah kiriman paket yang diantarnya bakal menjadi akhir rutinitas kerja di hari itu, nyatanya seorang polisi brutal, yang diperani Michael Shannon, dan beberapa orang memburu berniat menghabisi dirinya.
Kombinasi antara aksi stunt berbasis sepeda dengan adu akting antara Levitt dan Shannon merupakan daya tarik utama film ini. Berangkat sebagai konsep sebuah thriller ringan yang apik dengan campur tangan David Koepp sebagai sang pembesut, film ini bakal menarik para peminat olahraga bersepeda yang kian marak di Indonesia.

Rurouni Kenshin
Keishi Ōtomo
Takeru Satoh, Emi Takei, Yu Aoi, Munetaka Aoki, Taketo Tanaka, Yosuke Eguchi, Koji Kikkawa, Teruyuki Kagawa
25 Agustus 2012

Di Jepang, Warner Bros terlihat rajin dan sering kali melakukan adaptasi baru secara live-action atasanime atau pun manga yang populer. Namun mungkin kali ini akan berbeda, dengan akan diadaptasinya Rurouni Kenshin karya Nobuhiro Watsuki, yang lebih dikenal di Tanah Air sebagaiSamurai X. Peran utama Kenshin Himura didapuk oleh Takeru Satoh, yang populer setelah Kamen Rider Den-O.
Berkisah tentang mantan hitokiri battousai yang bertobat dan memilih untuk menjadi seorang samurai tak bertuan demi membantu serta menolong orang-orang, meski tak bisa lari dari masa lalunya yang penuh kekejaman. Sebagai adaptasi, film ini akan menceritakan ulang kisah yang berasal dari seri-seri awal versi manga-nya. Semoga saja, adaptasi Rurouni Kenshin tak jatuh menjadi sekedar rom-comyang dipindahkan settting waktunya ke Jepang di tahun 1870-an. 

Resident Evil: Retribution
Paul W.S. Anderson
Milla Jovovich, Sienna Guillory, Li Bingbing, Kevin Durand, Michelle Rodriguez
14 September 2012 

Seri kelima dari franchise film yang mengadaptasi sebuah seri game survival-horror populer kreasi Capcom, yang ketiga dari hasil besutan Paul WS Anderson di franchise film ini, dan yang kedua dari penggarapan secara 3D di franchise film ini. Retribution berlanjut menjauh dari ranah horror menujuaction, yang secara ironis mengikuti game aslinya. Tiga karakter familiar bagi fans versi game akan muncul, yaitu Leon S Kennedy, Ada Wong, dan Barry Burton.
Sekuel terbaru ini akan mengambil beberapa setting mancanegara, yang di antaranya adalah Tokyo, Moskow, dan New York. Beberapa elemen khas dari game-nya kembali dibawa, termasuk dari seri kelimanya, melalui lokasi yang mirip juga Las Plagas. Jadi, jangan kaget kalau para mayat hidupnya kini mampu menembakkan pistol dan menunggangi sepeda motor. Franchise ini dikuatirkan tetap akan berlanjut berkat sukses dan balik modalnya yang besar di luar Amerika.

Looper
Rian Johnson
Joseph Gordon-Levitt, Bruce Willis, Emily Blunt
28 September 2012

Seorang pembunuh bayaran masa kini bekerja untuk kelompok mafia masa mendatang dan bertugas untuk membunuh siapa saja yang dikirim dari masa depan. Semuanya berubah ketika ia menyadari bahwa salah satu targetnya adalah dirinya sendiri dari masa depan yang membuatnya lari dari dirinya yang lebih tua.
Rian Johnson akan bertanggung jawab atas film action science fiction ini sebagai sutradara yang mempertemukan aktor film action masa kini, Joseph Gordon-Levitt dengan veteran Bruce Willis. Film ini akan menjadi pertemuan antara dua generasi berbeda.

Frankenweenie
Tim Burton
Charlie Tahan, Winona Ryder, Catherine O'Hara, Martin Landau, Martin Short
5 Oktober 2012

Animasi berformat stop motion yang digarap secara 3D ini aslinya pernah dibuat oleh sang sutradara Tim Burton di awal pengalamannya sebagai seorang filmmaker pada tahun 1984. Ironisnya, film pendek yang saat itu dibesutnya sebagai live-action tersebut malah membuat Burton dipecat dari Disney karena dianggap menakutkan bagi penonton kanak-kanak.
Aslinya dibuat sebagai sebuah homage sekaligus parodi atas Frankenstein dengan setting tahun ’50-an, animasi tersebut menceritakan seorang bocah yang ditinggal mati oleh anjingnya dan berniat menghidupkan peliharaannya itu kembali dengan kekuatan sains. Bergaya ala Corpse Bride, film ini akan meluncur ke bioskop-bioskop demi meramaikan Halloween tahun ini.

Taken 2
Olivier Megaton
Liam Neeson, Famke Janssen, Maggie Grace, Rade Serbedzija, Luke Grimes
5 Oktober 2012

Tak ada yang menduga kesuksesan Taken di tahun 2008 lalu. Rata-rata film yang diproduseri Luc Besson di bawah label Europacorp miliknya hanya meraih sukses yang lumayan, jika tak menyebutkanTransporter. Liam Neeson pun bukanlah bintang film action. Tak ada yang menduga kisah tentang seorang mantan agen CIA bernama Bryan Mills yang mencari-cari puterinya, yang hilang karena diculik di Prancis, bakal begitu jumawa di box-office.
Empat tahun berlalu, sekuelnya pun bakal dirilis dengan tetap mengandalkan karakter-karakter pentingnya, namun dengan budget yang lebih besar, dan rilis yang lebih serentak di manca negara. Kini disutradarai Olivier Megaton, film ini akan ber-setting di Istanbul dengan disanderanya Mills dan sang isteri oleh ayah dari Marko Hoxha, yang ditinggal mati oleh Mills di sebuah kursi listrik pada akhir film pertamanya.

Gangster Squad
Ruben Fleischer
Sean Penn, Josh Brolin, Ryan Gosling, Emma Stone, Nick Nolte
19 Oktober 2012

Serombongan aktor dan aktris berwatak kompeten memenuhi film yang diangkat dari sebuah kisah kriminal yang nyata di masanya ini. Mengisahkan tentang kejadian yang dianggap off the record oleh kepolisian Amerika di era ’40 hingga ’50-an, mengenai usaha mereka membendung kekuatan mafia yang hendak menyeberang dari wilayah Pantai Timur menuju Los Angeles.
Sang sutradara Zombieland Ruben Fleischer akan membesut naskah garapan mantan polisi LA yang juga seorang novelis bernama Will Beal dengan fokus terhadap sesosok gangster kelas kakap dari keluarga mafia keturunan Yahudi, Meyer Harris ‘Mickey’ Cohen, yang bakal diperani oleh Sean Penn. Tontonan yang rasanya bakal menarik untuk ditunggu.

Cloud Atlas
Tom Tykwer, The Wachowskis
Tom Hanks, Hugh Grant, Halle Berry, Jim Broadbent, Hugo Weaving
Oktober 2012

Sebuah film unik yang ambisius dari Wachowski bersaudara yang digarap bersama-sama dengan Tom Tykwer. Berbentuk antologi sci-fi bernuansakan historikal, film tersebut diadaptasi dari novel David Mitchell di tahun 2004 lalu, film ini akan memiliki enam jalan cerita berbeda yang berlangsung dalam satu millennium. Tiap jalan ceritanya akan diungkap melalui sudut pandang karakter utama dari jalan cerita berikutnya.
Jalan ceritanya secara berurutan akan mengisahkan seorang Amerika yang menyeberangi Samudera Pasifik di tahun 1850, seorang musisi Inggris yang berkarir di Belgia pada tahun 1930-an, seorang jurnalis di California pada tahun’70-an yang menginvestigasi sebuah kasus korupsi,seorang  penerbit Inggris yang mesti dirawat di sebuah panti di masa kini, klon atas seorang tahanan politik yang akan dieksekusi di Korea di masa depan, dan pribumi asal Hawaii yang menceritakan sebuah kisah di dekat api unggun paska kiamat.

Wreck-It Ralph
Rich Moore
John C. Reilly, Sarah Silverman, Jack McBrayer, Jane Lynch
2 November 2012

Sebuah animasi 3D yang kali ini bukan dikerjakan oleh Pixar namun langsung oleh Walt Disney Animation Studios. Tetap bernuansakan komedi, animasi baru yang dibidani oleh Rich Moore, sebelumnya pernah mengerjakan The Simpsons dan Futurama, tersebut merupakan yang pertama dari kiat studio tersebut untuk mencoba mengerjakan cerita lain di luar adaptasi dongeng klasik.
Berkisah tentang karakter antagonis dari game 8-bit klasik bernama Wreck-It Ralph, yang bermimpi untuk bisa mengisi hidupnya lebih dari sekedar menghancurkan bangunan lagi, dia mencoba keluar dari karakternya sebagai ‘bad guy' demi menjadi seorang ‘good guy’ dengan berpindah ke game first-person shooter modern. Secara tak sengaja dia melepaskan karakter game terjahat yang pernah ada.

Skyfall
Sam Mendes
Daniel Craig, Javier Bardem, Judi Dench, Ralph Fiennes, Albert Finney, Naomie Harris, Berenice Marlohe, Ben Winshaw
9 November 2012

Rahasia masa lalu M menguji loyalitas James Bond terhadap atasannya. Ketika MI6 diserang, kini semuanya bergantung kepada Bond untuk mencari dan menghancurkan ancaman tersebut apapun alasannya meskipun terhadap dirinya.
Pemenang Oscar Sam Mendes akan menangani film ke-23 James Bond dimana mempertemukan Daniel Craig berhadapan dengan Javier Bardem. Craig sendiri mengatakan bahwa film ini akan lebih baik dibandingkan debutnya sebagai Bond, Casino Royale. Kalau yang ia katakan itu benar, maka film yang satu ini dapat dipastikan akan memuaskan para penggemar dan penonton pada umunya.

47 Ronin
Carl Erik Rinsch
Keanu Reeves, Hiroyuki Sanada, Kou Shibasaki, Tadanobu Asano, Rinko Kikuchi
21 November 2012

Petualangan beraroma fantasi yang digarap dengan teknologi 3D dan merupakan debut awal dari Carl Erik Rinsch sebagai sutaradara ini menggabungkan elemen magis bernuansakan Jepang seperti raksasa dan ahli sihir dengan ide cerita yang aslinya diadaptasi dari sebuah kisah nyata. Yep, pada dasarnya ini adalah kisah tentang sekelompok samurai yang merencanakan balas dendam terhadap seseorang penuh kuasa yang sebelumnya telah menghabisi tuan mereka.
Kehadiran Keanu Reeves bersama sederet aktor dan aktris Jepang yang beken terasa sangat menggugah rasa penasaran akan film yang dikatakan telah mempertaruhkan budget sebesar $170 juta ini. Wow. Untuk ukuran seorang sutradara baru, besutan Rinsch ini memang bagaikan pertaruhan besar di box-office. Terlebih jika mengingat film-film beraroma fantasi, seperti Sucker Punch danImmortals, yang lumayan mengalami kegagalan di tahun lalu.

Rise of the Guardians
Peter Ramsey, William Joyce
Chris Pine, Isla Fisher, Hugh Jackman, Alec Baldwin, Jude Law
21 November 2012

Walau berjudul sama, animasi persilangan 3D dan CG produksi kedua dari Dreamworks Animation ini sama sekali tak memiliki kaitan dengan burung-burung hantu yang bisa berbicara di tahun 2010 lalu. Tetap menargetkan penonton segala umur, kali ini animasi yang merupakan kreasi dari William Joyce, sang kreator Meet the Robinsons, lebih bernafaskan komedi meski tetap berkecimpung di ranah petualangan yang penuh aksi.
Berangkat dari seri novel dan cerita bergambar karyanya, Joyce mendeskripsikan kisahnya sebagai dongeng kontemporer berisikan karakter-karakter dunia dongeng. Di dalamnya, penonton akan menemui Santa Claus (Alec Baldwin), Easter Bunny (Hugh Jackman), Tooth Fairy (Isla Fisher), dan Jack Frost (Chris Pine) yang bekerja sama demi menghentikan Pitch the Boogeyman (Jude Law) dalam usahanya membawa dunia ke kegelapan abadi.

Armour of God 3: Chinese Zodiac
Jackie Chan
Jackie Chan, Oliver Platt, Laura Weissbecker, Kwon Sang-woo
12 Desember 2012

Ditahun ’80-an tak ada yang tak mengetahui Armour of God. Diperkenalkan sebagai petualangan penuh aksi layaknya Indiana Jones, Jackie Chan tampil kocak sekaligus mantap sebagai seorang petualang yang jago bela diri. Dipenuhi aktor dan aktris Mandarin beken di masanya, kedua seri awalArmour of God sukses besar di masanya masing-masing.
Setelah lama sekali tak terdengar, akhirnya sekuel dari serial tersebut benar-benar akan dirilis. Kembali dibintangi oleh Chan, sang petualang mesti berkeliling dunia demi menemukan 12 patung Chinese Zodiac yang spesial. Tentunya, para penonton akan berharap banyak pada adegan aksi yang eksplosif dan menarik khas Chan sepanjang film tersebut.

The Hobbit: An Unexpected Journey
Peter Jackson
Martin Freeman, Ian McKellen, Richard Armitage, Andy Serkis
14 Desember 2012

Film ini merupakan bagian pertama dari petualangan Bilbo Baggins dalam usahanya mencari Dwarf Kingdom of Erebor yang hilang dan telah dikuasai oleh naga bernama Samug. Bersamanya ikut Gandalf the Grey dan tiga belas dwarf yang dipimpin oleh petarung legendaris bernama Thorin Oakenshield.
Hampir sepuluh tahun setelah petualangannya yang terakhir di Middle-Earth, Peter Jackson akan kembali untuk menceritakan prekuel Lord of the Rings yang mengambil waktu 60 tahun sebelum kejadian tersebut. Selain para pendatang baru, veteran LotR seperti Ian McKellen, Elijah Woods, Andy Serkis, Christopher Lee, Hugo Weaving, Cate Blanchet sampai Orlando Bloom akan kembali. Petualangan kedua di Middle-Earth ini tentu saja sangat diantisipasi oleh para penggemar film manapun.

World War Z
Marc Forster
Brad Pitt, Mireille Enos, James Badge Dale, Lucy Aharish, Julia Levy-Boeken
21 Desember 2012

Sebuah virus mematikan ditemukan dan dalam waktu yang singkat menular ke seluruh pelosok Bumi. Mengikuti seorang pekerja PBB bernama Gerry Lane, ia pergi ke berbagai negara untuk mewawancarai orang-orang yang selamat dari pandemi Zombie yang disebutkan sebagai World War Z.
Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, Marc Foster akan membawanya ke layar lebar bersama dengan Brad Pitt. Film ini dikatakan memiliki intonasi yang sama dengan Children of Men dan dapat menjadi film zombie pertama yang bermateri ‘Best Picture’.

Life of Pi
Ang Lee
Suraj Sharma, Adil Hussain, Irrfan Khan, Gerard Depardieu, Tobey Maguire
21 Desember 2012

Pembesut Brokeback Mountain, Ang Lee, mencoba mengadaptasi novel Yann Martel yang telah banyak memenangkan penghargaan di tahun 2001 lalu. Bercerita tentang seorang anak muda yang berhasil selamat dari karamnya sebuah kapal dengan sebuah perahu sekoci. Bersama-sama dirinya dalam perahu yang kecil itu adalah beberapa hewan yang turut selamat.
Adalah seekor hyena, seekor zebra, seekor orangutan, dan seekor Harimau yang menemaninya. Sebuah kisah yang bakal terasa sangat tricky untuk bisa hadir dalam ujud film, terlebih berkat temanya yang penuh simbolik. Diadaptasi dalam bentuk naskah oleh David Magee, yang sebelumnya menulis naskah untuk Finding Neverland. Akankah menarik bagi penonton awam?

Django Unchained
Quentin Tarantino
Jamie Foxx, Leonardo DiCaprio, Christoph Waltz, Joseph Gordon-Levitt, Kerry Washington, Samuel L. Jackson., Kurt Russell
25 Desember 2012

Mengambil setting pada masa koboi, Django - seorang budak yang sudah terbebaskan - berpetualang di sepanjang Amerika bersama dokter gigi asal Jerman yang berubah menjadi pembunuh bayaran, Dr. King Schultz. Misi mereka adalah untuk menyelamatkan istiri Django bernama Broomhilda dari pemilik perkebunan yang sadis Calvin Candie.
Dari tujuh film Quentin Tarantino, enam diantaranya membuahkan hasil yang memuaskan. Kini ia kembali setelah Inglorious Basterdsbersama sekumpulan pemain yang wahid seperti Jamie Foxx, Leonardo DiCaprio, Christoph Waltz dan tentunya Samuel L. Jackson. Film arahannya selalu menarik untuk ditunggu.

The Great Gatsby 
Baz Luhrmann
Leonardo Di Caprio, Carey Mulligan, Tobey Maguire, Isla Fisher, Joel Edgerton
25 Desember 2012

Sebuah buku yang dianggap sebagai salah satu novel terbaik yang pernah diterbitkan, diadaptasi menjadi sebuah film setelah tiga kali dilayarlebarkan sebelumnya. Kini dengan disuntik budget sebesar $126 juta, film tersebut akan digarap dengan teknologi 3D oleh sang sutradara yang pernah membidaniRomeo + Juliet dan Moulin Rouge, Baz Luhrmann.
Buah karya F. Scott Fitzgerald di tahun 1925 bernafaskan American Dream itu akan dikisahkan melalui perspektif Nick Carroway mengenai hubungan yang terjadi antara dirinya dengan sang sepupu Daisy, tetangganya yang kaya raya Jay Gatsby, dan suami Daisy yang kasar Tom.

Dead Mine
Steven Shell
Ario Bayu, Joe Taslim, Mike Lewis, Bang Tigor, Miki Mizuno, Sam Hazeldine, Les Loveday, Carmen Soo, Jimmy T
2012

Meski seluruh dialognya berbahasa Inggris, hasil kolaborasi Infinite Studios dan HBO Asia dengan digawangi oleh Steven Shell asal Inggris sebagai sutradaranya ini tercatat sebagai produksi Indonesia. Sang sutradara ingin membuat tone dari Dead Mine akan terasa agak old-school dengan setting lokasi sebuah bunker dan tambang di suatu pulau. Tema awal dari film yang menyilangkan action denganhorror ini adalah pencarian harta yang tersembunyi.
Film ini didominasi barisan aktor Tanah Air yang akan menjadi para tentara Indonesia, yang ikut dalam sebuah ekspedisi yang dikerahkan oleh seorang konglomerat berkat obsesinya terhadap harta karun Yamashita. Bunker yang disebut tadi nyatanya merupakan sebuah sound stage seluas 30.000 kaki persegi di area Infinite Studios, yang berlokasi di Batam. Hal itu sekaligus menunjukkan bahwa Indonesia telah cukup memadai untuk sebuah produksi film internasional.

Evangelion 3.0: You Can (Not) Redo
Hideaki Anno
Megumi Ogata, Megumi Hayashibara, Kotono Mitsuishi, Yuko Miyamura, Maaya Sakamoto
2012

Penikmat manga sekaligus anime telah menantikan kelanjutan dari proyek Rebuild of Evangelion yang cukup mengalami perubahan dari versi serial TV asli-nya oleh sang sutradara Hideaki Anno. Seri pertama dan keduanya sempat menyambangi penonton Tanah Air secara terbatas melalui hak distribusi yang dipegang oleh jaringan bioskop Blitzmegaplex. Tentu saja, banyak yang berharap Evangelion 3.0akan kembali diputar oleh mereka dalam waktu yang tak jauh.
Masih mengikuti cerita tentang seorang bocah bernama Shinji yang terlibat dalam program Eva. Seri sebelumnya ditutup ketika mecha Eva yang dipiloti Shinji mendadak berubah ke kondisi berserk, mengartikan tone yang makin serius. Hal itu akan menjadi titik tolak twist keseluruhan serial, saat latar belakang program Eva yang sebenarnya terungkap secara perlahan. Juga saat para karakter terdorong hingga batas kemampuannya secara psikologis.

The Grandmasters 
Wong Kar Wai
Tony Leung, Zhang Ziyi, Song Hye-kyo, Chang Chen, Julian Cheung
2012

Butuh lebih dari bertahun-tahun bagi film terbaru Wong Kar Wai ini untuk selesai digarap. Namun hal itu terhitung lumrah, bahkan cukup singkat bagi sang filmmaker China yang terkenal saking perfeksionis dalam hal membesut sebuah film hingga ke detil-detil terkecilnya sekali pun hingga membuat banyak pihak merasa frustasi. Dikatakan bahwa ini merupakan proyek yang dikerjakannya secara personal sejak lama.
Biopik tentang Yip Man, seorang grandmaster bela diri Wing Chun sekaligus guru dari Bruce Lee ini sebetulnya telah memulai masa syutingnya sejak akhir 2009. Ber-budget $25 juta, film yang mengandalkan Yuen Woo-Ping dalam hal koreografi pertarungannya ini bahkan berhasil ‘dibalap’ oleh proyek saingan yang mengangkat Yip Man secara cukup berlebihan. Wong menyatakan bahwa film ini akan lebih dititikberatkan pada filosofi bela diri Wing Chun.

Stoker
Park Chan-wook
Matthew Goode, Mia Wasikowska, Nicole Kidman, Dermot Mulroney, Jacki Weaver
2012

Dengan judul yang sepertinya terkait dengan seorang penulis asal Inggris yang terkenal berkat kisah vampirnya, film ini sebenarnya merupakan debut seorang sutradara beken asal Korea. Yep, Park Chan-wook, yang meroket populer berkat Oldboy yang dibesutnya di tahun 2003 silam, akan mengarahkan film berbahasa Inggris pertamanya melalui genre yang dikuasainya, psychological thriller dengan naskah oleh Wentworth Miller dan diproduseri Ridley Scott.
Mia Wasikowska berperan sebagai seorang gadis muda yang kehilangan ayahnya akibat sebuah kecelakaan mobil. Mendadak sontak, seorang paman yang tak pernah diketahuinya berkeinginan untuk tinggal bersama dirinya dan sang ibu, yang kondisi emosinya tak stabil. Sang gadis muda akan menyangka yang tidak-tidak terhadap pamannya yang asing itu. Judul Stoker secara twisted akan mengkaitkan mitos Dracula di film ini.


















































Tidak ada komentar: