Minggu, 19 Februari 2012

Menikmati Turkish Coffee


turk.jpg
Teman saya memberikan oleh2 kopi yang langsung di bawa dari Turki dan ini untuk pertama kali saya mencoba jenis kopi ini. Orang Turki memasak kopinya dengan alat yang dinamakan ibrik, seperti sebuah panci kecil yang bergagang panjang dan langsung di masak di atas api. Sebelumnya ia memberitahu saya cara memasaknya agar seusai dengan tradisi yang telah mereka lakukan selama berabad-abad. Karena saya tidak punya ibrik, maka saya gunakan teko ! (yang punya cuma itu sih).

Walapun menggunakan teko, prinsipnya sama saja, ini foto2nya :

tur21.jpg
Saya menyiapkan 400 cc air untuk dua gelas kopi, tambahkan gula dulu (ini menurut mereka), lalu masukan kopi secukupnya, dan jerang di atas api.

tur3.jpg
Lihat prosesnya yang berangsung cukup cepat, jadi anda harus siap2 mematikan kompor kalau tidak ingin busa kopi luber ke luar. Inilah kopinya :

tur4.jpg
Bagaimana dengan rasanya ? Very bold & strong, mungkin inilah kopi yang terkeras yang pernah saya rasakan, tapi masih tetap enak untuk dinikmati saat kedinginan karena hujan yang tidak berhenti sejak sore tadi. Mau coba ?

Tidak ada komentar: